Demam Yahoo Messenger Mobile

By deptz, Fri. January 11, 2008
Categories: internet related
Tags: , , , ,
1,948 views

Yahoo MessengerPerkembangan teknologi yang sudah demikian cepat, secara langsung maupun tidak langsung telah merubah gaya hidup manusia. Perkembangan teknologi seluler pun demikian juga. Berawal dari hanya layanan suara (Call), kemudian ditambah dengan adanya layanan text data (SMS) dan kemudian berkembang lagi dengan ditambahnya layanan GPRS( General Packet Radio Service) yang memungkinkan pengguna layanan seluler untuk melakukan transfer data sampai dengan 114 kbps. Dan yang terakhir masukknya 3G dan 3,5G yang secara teoritis bisa mencapai kecepatan transfer data sampai dengan satuan Mbps.

Masukknya internet sebagai bagian dari gaya hidup manusia, khususnya anak muda, telah sedikit demi sedikit mengubah cara berkomunikasi. Saat ini boleh dibilang layanan instan messaging misalnya Yahoo Messenger, telah menjadi hal yang lumrah, bahkan terkesan ‘wajib’ digunakan. Instan Messaging secara perlahan menggeser layanan SMS dan MMS, selain karena tarif yang lebih murah, juga karena keterbatasan SMS yang hanya dapat mengirimkan pesan text saja, Memang dengan MMS,kita dapat juga menambahkan file audio dan images/foto kedalam suatu pesan text, akan tetapi tarif dari layanan ini masih relatif mahal. Sedangkan dengan protokol instans messaging Yahoo misalnya, dapat bertukar data, foto, suara, dan file-file lain dengan tarif yang relatif lebih murah.

Dari berbagai jenis protokol instan messaging, yang paling populer adalah Yahoo Messenger. Dengan hanya memiliki sebuah account Yahoo saja, kita dapat menggunakannya secara gratis. Hal ini juga yang membuat layanan ini semakin diminati. Dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia, maka sekarang sudah marak adanya layanan Instan Messaging mobile melalui Handphone/PDA Phone. Platform yang digunakan pun beragam, akan tetapi yang paling populer adalah dengan platform Java(J2ME) dan Symbian sesuai dengan banyaknya jumlah pengguna handphone/PdA phone yang menggunakan kedua platform tersebut. Apalagi harga perangkatnya pun relatif murah. Dengan dana kurang dari 1 juta rupiah saja, sudah didapatkan Handphone dengan platform J2ME dengan dukungan konektivitas GPRS.

Demikian juga di kalangan mahasiswa elins, saat ini layanan Yahoo Messenger begitu populer dan seakan menjadi tren gaya hidup baru mahasiswa elins. Adapun software yang paling populer dikalangan mahasiswa elins untuk platform Java adalah ShMessenger dan YMTiny, sedangkan untuk platform symbian adalah Slick. Berikut review menurut saya. :).

sh messengerShMessenger adalah freeware berbasis J2ME yang tampilan utama dan fitur didalamnya sudah mendekati aplikasi YahooMesenger di PC/Laptop untuk versi Platinumnya. Untuk dapat menggunakan shMessenger, user harus registrasi dulu di www.shmessenger.ro. Baru setelah teregistrasi dapat menggunakan shMessenger. Selain mendukung protokol Yahoo, shMessenger juga mendukung protokol gTalk dan MSN untuk versi platinumnya.Kelebihannya, untuk smiley iconnya sudah sama seperti YahooMessenger . Selain itu tersedia fitur add/remove buddy, show/hide offline buddy dan lain lain. Fitur tambahan lain yang menjadi nilai tambah dari shMessenger adalah fitur Spy. Dengan fitur Spy ini, dapat mendeteksi apakah offline buddy benar-benar offline atau hanya mengaktifkan mode invisible. Fitur ini saya rasa sangat berguna sekali. . Kekurangan dari shMessenger adalah kurang stabilnya koneksi. Seringkali koneksi putus secara tiba-tiba. Selain itu juga sering kesulitan login. Hal ini mungkin saja disebabkan overloadnya server shMessenger. Karena untuk dapat menggunakan shMessenger, user harus login dulu ke server shMessenger. Sebelum akhirnya login ke Yahoo.

ymtinyYMtiny adalah freeware berbasis J2ME. Kelebihan dari software ini adalah koneksinya yang lumayan stabil dan user tidak harus registrasi dulu ke provider software. Akan tetapi kekurangan software ini adalah ketika view a friend’s status kadang tidak sesuai. Misalnya saja ketika melihat status A malah keluar status B dan seterusnya. Selain itu smiley set kurang lengkap tidak seperti shMessenger.

slickSlick adalah freeware berbasis symbian. Slick yang ada sekarang sampai versi 0.36 dan merupakan versi alpha. Slick mendukung protokol ICQ, Yahoo, AIM, MSN, GoogleTalk, Jabber. Slick mendukung multiple protokol, dalam artian mampu login beberapa protokol sekaligus. Selain itu juga mendukung file transfer, downloading file yang dikirim dalam bentuk link, message history, group management(add,delete,rename), smiley yang teranimasi. Kekurangan dari slick adalah kurangnya smiley, kemudian belum bisa add/remove buddy. Semoga di versi yang akan datang bisa diperbaiki. Website resmi slick ada di http://www.lonelycatgames.com/?app=slick

Sekarang, mana software Instan Messaging pilihanmu??

5 Responses to “Demam Yahoo Messenger Mobile”

  1. zzzatm Says:

    Wah, menarik, menarik…
    sayang, hapeku belum support deh….

  2. makane..jangan hanya otak yang dibikin pinter..hapenya juga..
  3. bimoseptyop Says:

    pake gaim bro, daripada pake yahoo messenger(lemot)

  4. visit now Says:

    I admire you on the willingness to share this info with others – good luck!

  5. Fahrul Says:

    Tapi pake apa yg kira2 bisa stabile and online 24 jam?
    paling tidak titik kestabilanya 90%, untuk nokia.

  6. d3ptzz Says:

    @fahrul: mungkin shmessenger lumayan stabil. Atau ebuddy…

Comments