Notepad++ Editor Serbaguna

notepad++Ketika kita dihadapkan dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, tentu saja memiliki berbagai syntax/kode yang berbeda beda. Dan ketika kita ingin mengeditnya, apabila menggunakan notepad bawaan windows tentulah sulit. Untuk membedakan antara syntax perintah dan variable misalnya. Akan tetapi, dengan notepad++ kita bisa melakukan proses editing dengan cepat dan mudah.

Notepad++ adalah software open source yang berjalan di atas sistem operasi Windows. Notepad++ adalah salah satu freeware yang sangat membantu saya. Ketika saya dihadapkan pada suatu kasus yang mengharuskan saya mengedit syntax atau script yang kadang membuat kepala pusing, Notepad++ telah sedikit banyak membantu saya.

Tampilan Notepad++ yang user friendly semakin memudahkan kita untuk menggunakannya sekalipun baru pertama kali mencoba. Selain itu, banyaknya pilihan tipe bahasa pemrograman yang sudah tersedia semakin memberikan kepada kita. Bahkan, selain itu kita bisa meng custom sendiri.

note

Kemudian adanya fungsi fungsi bawaan yang lumayan banyak semakin menambah keunggulan program ini. Misalnya saja kita ingin mengconvert text, escape character, dan lain-lain. Kemampuannya mencari dalam semua window text yang kita buka dalam Notepad++ menjadi nilai tambah yang lain.

2008-01-30_194146_resize.jpg

Adanya berbagai plugin yang sudah included semakin membuat saya menyukai editor text ini. Selain itu, pengembangan software ini yang terus menerus dilakukan akan semakin menambah fungsionalitas Notepad++ ini. Sampai saat ini, penulis menggunakan versi 4.7.5.

Silakan download Notepad++ di SINI Gratis.

6 thoughts on “Notepad++ Editor Serbaguna

  1. oyon

    makasih kang d3ptzz…… program nya sangat membantu sekali , terutama dalam pengembangan KANDANGBUAYA …… uda Hampir satu bulan kita mengudara …….:D

    Reply
  2. vandee

    mas d3ptzz, maaf saya mau nanya..
    tiba2 saja di program files saia sudah terinstall notepad++ dan saya ndak taw kapan itu terinstall.
    memang saya bbrp hari terakhir ini menginstall editor system untuk hp sony ericsson saya.
    apa notepad++ ini termasuk didalamnya untuk memudahkan bahasa pemrograman untuk hp?atau ini semacem malware/virus yang diinjeksikan ke komputer saya?
    jujur saja saya baru tahu kalau ada semacam notepad++ dan buta sama sekali bahasa pemrograman.
    terimakasih sebelumnya atas pencerahannya.Ini saya sedang surfing nyari tahu dan ketemu sama web-nya mas.
    dibalas PV juga boleh.sekali lagi terimakasih ya mas..

    Reply
  3. d3ptzz Post author

    Bahasa pemrograman untuk HP biasanya menggunakan C++. Dan biasanya sudah disediakan software development kit(SDK) dari provider HP. Kemungkinan notepad++ dijadikan satu dalam paket sdk, saya pikir provider tidak melakukannya.

    selain menggunakan C++, juga bisa menggunakan Java. Dan sudah ada SDKnya sendiri juga dari Sun Microsystem. Dan saya pikir juga tidak dijadikan satu paket karena beda yang buat.

    tetapi kalau sudah dipaketkan sama orang lain, ya mungkin saja. Kedua bahasa itu juga didukung oleh Notepad++.

    Notepad++ bukan virus, dan tidak berbahaya. Bahkan sangat berguna. 🙂

    Reply
  4. vandee

    Editor system hp saya mmg saya cari sendiri.Jd bukan provider lgsg.
    Oke d mas.Setidaknya jd bs enak tdr krn tdk prlu kwtr kl itu virus.he3.
    Trims pencerahannya.
    Baca kalimat trakhir anda,saya jadi tertarik untuk mempelajari notepad++.
    wkwkwk..
    Kalo ada wkt kasih tutorialnya ya.he3

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.