Instalasi Perl dalam OS Windows

By deptz, Mon. February 25, 2008
Categories: computer related, tutorial
Tags: , ,
1,257 views

Sebelumnya maaf apabila yang saya tulis berikut ini terlalu sederhana. Namanya juga belajar. hehe…

Pada semester ini, saya mengambil mata kuliah Sistem Operasi. Dan tugas pertama dari mata kuliah tersebut adalah menginstal Perl dan mencoba menggunakannya. Dan celakanya, saya belum pernah sekalipun menggunakan Perl. Mulailah pencarian saya tentang cara instalasi Perl, terutama dalam sistem operasi Windows karena saya menggunakan Windows. Dan sekaligus mencari beberapa referensi buku/tutorial agar dapat mencobanya. Maklum benar benar blank dan tidak tahu apa-apa. Dan berikut hasil pencarian saya.

Pertama kali yang harus dilakukan untuk menggunakan Perl tentu saja menginstalnya. Cara yang termudah dan tercepat adalah mendownload ActivePerl dari www.activestate.com. ActivePerl akan melakukan seluruh proses instalasi Perl untuk anda, agar Perl bisa berjalan dengan baik diatas sistem Windows anda. Jadi anda hanya download, jalankan setup, reboot, dan selesai! Perl sudah terinstal dan terkonfigurasi dengan baik di atas Sistem Windows anda.

Kemudian tentu saja kita membutuhkan referensi maupun tutorial yang lengkap, salah satunya adalah dokumentasi dari Perl itu sendiri. Dapat didownload secara gratis di http://perldoc.perl.org . Setiap penjelasan fungsi, operator, core module dan lain-lainnya, disajikan secara jelas dan disertai dengan contoh penggunaan/aplikasinya. Sangat membantu untuk yang baru belajar, seperti saya..hehe..

Atau bisa saja mendownload ebook di bawah ini.

(disclaimer: for education purpose only, d3ptzz tidak bertanggungjawab atas penggunaan ebook tersebut diatas. )
ebook ebook diatas sangat membantu dalam belajar Perl. Walaupun mungkin dengan dokumentasi Perl saja sudah cukup membantu, akan tetapi dengan tambahan ebook ebook tersebut diatas, akan memberikan lebih banyak lagi contoh aplikasi dan penggunaan fungsi,module,dan komponen lain dalam Perl.

Selamat Mencoba..Kita belajar bersama..Mohon bantuannya..

mirror ActivePerl
mirror perl documentation

Comments