Software Handphone yang Useful

By deptz, Tue. April 15, 2008
Categories: handphone
Tags: , , , ,
2,249 views

Handphone saya adalah Nokia N GAGE (Clasic bukan QD) yang telah tertanam didalamnya Sistem Operasi (SO) Symbian 60v1 dan Java MIDP 1. Hal ini menyebabkan saya kesulitan untuk mendapatkan software-sofware baru karena biasanya para produsen software sudah tidak memproduksi lagi untuk SO Symbian 60v1 atau Java MIDP 1. Biasanya produsen software hanya memproduksi sofware minimal untuk SO Symbian 60v2 atau Java MIDP 2. Dan sekarang yang sedang populer adalah Symbian S60v3.

Akan tetapi, untuk kebutuhan saya, sudah cukuplah software-software yang ada untuk SO 60v1 atau Java MIDP 1. Berikut ini adalah beberapa sofware yang sering saya pakai dan manfaatkan sehari-hari.

1. Slick

Slick adalah software chating atau instan messaging keluaran Lonely Cat Games untuk beberapa protokol. Yang didukung oleh slick adalah Yahoo, ICQ, AIM, MSN, GTalk, dan Jabber. Yang paling sering saya gunakan adalah protokol Yahoo, ICQ dan GTalk. Slick secara umum sudah memenuhi kebutuhan saya dalam chating atau IM. Mulai dari fasilitas kirim file yang sangat berguna, smiley yang lumayan lengkap dan bisa bergerak(animated) untuk Yahoo, transfer data yang lumayan irit, dan lain sebagainya. Selain itu slick merupakan software beta yang terus dikembangkan dan diperbaiki oleh sang produsen software, sehingga dalam waktu yang relatif singkat selalu ada updatenya. Pada waktu saya menulis ini, versi terakhir adalah versi 0.42.Slick tersedia untuk Symbian 60v1, Symbian 60v2, Symbian 60v3, Symbian UIQ, Symbian UIQ 3 dan Windows Mobile.

Kelemahan dari slick adalah kadang susah konek ke Yahoo, akan tetapi setelah saya tanyakan pada teman saya yang memakai provider telekomunikasi yang berbeda, dia tidak mengalami hal yang sama. Sehingga saya menyimpulkan bahwa masalah bukan pada software Slick-nya, akan tetapi pada provider telekomunikasi saya yaitu IM3.

2. Xplore

Xplore adalah software file explorer keluaran Lonely Cat Games. Xplore merupakan software yang sangat powerful menurut saya. Kelebihan-kelebihannya lumayan banyak, antara lain:
a. Bisa membuka file hidden dan file system. Hal ini kadang saya butuhkan pada waktu-waktu tertentu. ;). Misalnya saja mengutak-atik software lain yang sudah terinstal dalam HP saya.
b. Bisa mengirim file melalui bluetooth dengan relatif cepat. Pada HP saya, untuk melakukan transfer data bisa melalui bluetooth dan dengan Xplore maka transfer data akan terasa lebih cepat.
c. Bisa mencari file dalam inbox messaging. Ketika kita mengirim file melalui bluetooth maka file akan tersimpan dalam inbox message. Secara manual, kita harus mencari pada salah satu folder dari puluhan folder yang ada dalam drivepath:\system\mail\. Dengan Xplore, kita dapat langsung menemukan filenya tanpa susah-susah mencari. Dan satu lagi, fitur ini sangat jarang eror, berbeda dengan FExplore yang sering eror dan tidak dapat menemukan file yang kita cari.
d. Menginstal software tanpa harus memakan banyak memori. Pada Symbian 60, secara default proses penginstalan akan mengcopy file installer ke drive c:\nokia\instal\. Karena keterbatasan ukuran drive C N GAGE yang hanya 4 MB, kadang saya kesulitan untuk menginstal software dengan file installer yang besar. Dengan Xplore, proses peng-copy-an file installer tersebut dilewati, sehingga tidak perlu menyiapkan space drive C: apabila file installer terlalu besar.
e. Bisa menjadi text viewer. Kelebihan lain dari Xplore adalah bisa menjadi text viewer dan tentu saja amat sangat lebih baik dari Notes bawaan default SO. Pada Xplore, font text juga kecil, sehingga pada satu layar dapat tertampil lebih banyak text dalam satu file. Untuk berpindah dari satu “halaman” ke “halaman ” berikutnya tidak perlu bersusah payah menggunakan keypad arah, cukup dengan * untuk ke halaman sebelumnya, dan #untuk ke halaman sesudahnya. Hal ini tentu saja sangat berguna apabila kita membuka sebuah file text yang ukurannya besar. Misalnya saja pada saat membaca referensi atau nyontek pada saat ujian. Sayangnya Xplore hanya berfungsi menjadi text viewer dan tidak bisa menjadi text editor.
f. Bisa menjadi image viewer. Kelebihan ini tentu saja sangat berguna. Pada Xplore, penampilan gambar/image juga relatif lebih cepat daripada image viewer bawaan SO. Selain itu dapat diview dalam tampilan landscape yang tidak dapat dilakukan oleh image viewer bawaan SO.
g. Bisa membuka file berekstensi zip, rar, dan jar. Kelebihan ini tentu saja semakin menambah powerful Xplore. Kita tidak perlu bersusah-susah mengirimkan file zip,rar, ataupun jar ke komputer atau menggunakan software lain hanya untuk membuka dan mengekstraknya.

Sebenarnya masih banyak kelebihan lainnya, untuk lebih jelasnya silahkan dicoba sendiri. Xplore dapat berjalan pada SO Symbian 60v1, Symbian 60v2
Symbian 60v3, Symbian UIQ, Symbian UIQ 3 dan Windows Mobile.

Berbeda dengan Slick yang freeware, Xplore merupakan software yang berbayar. Tetapi jangan khawatir karena pada versi trialnya hanya akan muncul startup message/screen pada saat kita akan membuka atau menutup software tersebut. Jadi saya pikir tidak ada masalah.

3. Opera Mini versi 3

Karena HP saya hanya berbasis Java MIDP 1, maka HP saya hanya bisa diinstall Opera Mini versi 3. Akan tetapi menurut saya, sudah cukuplah untuk mendukung aktifitas browsing terbatas saya, karena biasanya hanya untuk membaca berita, dan melihat blog.

4. PocketDict

PocketDict merupakan kamus Bahasa Indonesia-English dan sebaliknya English-Bahasa Indonesia keluaran TJ Mobile dengan berbasis Java MIDP 1. Kata-kata yang ada dalam database PocketDict sangat lengkap. Proses pencariannya pun lumayan mudah. Kita hanya mengetikkan kata yang ingin kita cari, kemudian pilih opsi search, maka kata-kata yang sesuai atau diawali dengan kata yang kita masukkan akan ditampilkan. Software ini sangat berguna daripada kita harus membawa kamus ke mana-mana tau membeli kamus elektronik yang mahal harganya. 🙂

Semua file installer software-software diatas dapat didownload di situs resminya

Slick dan Explore

opera mini

sedangkan file installer kamus dapat didownload DI SINI

10 Responses to “Software Handphone yang Useful”

  1. mmi Says:

    itu hanya untuk hp tipe N-Gage aja ato bisa untuk tipe hp sejenis 6600, 3230, dll ??

  2. d3ptzz Says:

    asal mempunyai sistem operasi minimal Symbian 60 v1 bisa..

    Kalau 6600 dan 3230 sudah pasti bisa..

    Akan tetapi untuk Symbian 60v3 berbeda, sehingga tidak bisa menggunakan file installer diatas..

    Kalau mau request software bisa juga disini, saya akan bantu..namun harap bersabar..sedang KKN..hehe,….

  3. mallponsel.com Says:

    Kalau mo iklan jual-beli khusus handphone/pda dan aksesorisnya silakan pasang di http://www.mallponsel.com Gratis dan Ga perlu registrasi.

  4. Andra Says:

    So …. Trim,s Berat Bos Atas Tutorialnya. Prom anak Palembang.

  5. d3ptzz Says:

    @andra: sama sama booss…

  6. budey Says:

    wah mantap…

  7. d3ptzz Says:

    @nudey: sip gan.. makasih..hehe

  8. Joish Says:

    emm.. np pke Opmin jar? Pke yg symbian jg ad kok, biar bisa dunlud, pke UCWEB sis jg ad, doris browser,NetFront,Mig33 kalo pengen buat gratisan,tp cm im3.. Hehe,

  9. d3ptzz Says:

    @Joish: karena menurut saya, belum ada software browser mobile (gratis) yang lebih baik dari operamini. Yang lain,NetFront, UCWEB, Opera Mobile, menurut saya masih kalah. Kalau cuma mau download, pake operamini juga bisa kok di ponsel saya yang sekarang Nokia E61i. :-). Mig33 menurut saya juga kurang bagus interface dan fiturnya..:-)

    btw thanks for sharing…:-)

  10. Rock_22 Says:

    Mbah ble request opera mini handler buat nokia 3660 ada ga…thx

Comments