Pembacaan dan Penulisan File dengan Java

By deptz, Wed. April 23, 2008
Categories: java, tutorial
Tags: , ,
1,015 views

Beberapa hari yang lalu, teman saya meminta saya untuk membantu dia mengerjakan PR Programming-nya. Soal PRnya pun menurut saya lumayan sulit juga, karena saya newbie dalam programming. Bahasa Pemrograman yang boleh digunakan adalah C,C++, Java. Dan karena saya orang jawa, maka saya memilih menggunakan Java.hehe..Karena saya memang sedang berniat mempelajari bahasa java.

Soal PRnya adalah kita membuat program yang akan membaca sebuah file input “indata.txt”, yang berisi kata-kata yang akan di test apakah sesuai dengan aturan, kalau sesuai maka akan diwrite ke dalam sebuah file “legalwords.txt”, dan sebaliknya jika salah akan di write ke dalam file “badwords.txt”. Antara kata satu dengan kata lainnya dalam file “indata.txt” dipisahkan dengan sebuah tabulator, pada program saya, saya menggunakan tabulator tab(\t). Aturan yang digunakan untuk mengetest kata adalah
a. suku kata pertama tidak boleh berupa angka.
b. kata harus kurang dari 8 karakter.
c. kata hanya boleh tersusun dari letter (a..z, A..Z), number (0..9), atau simbol underscore(‘_’).

Karena saya newbie dalam java,dan belum terbiasa menggunakannya, memerlukan waktu agak lama untuk memikirkan syntax-syntax yang dipakai.Pada progam saya, alur programnya adalah sebagai berikut:
a. Membuat sebuah BufferedReader untuk FileReader(“indata.txt”). Membuat PrintWritter untuk FileWriter legalwords.txt dan badwords.txt.
b. Kemudian dengan menggunakan StringTokenizer untuk menghitung jumlah kata-kata dalam file indata.txt.
c. Setelah mengetahui jumlah token/kata, maka kemudian dengan looping untuk memeriksa per kata/token, apakah sesuai aturan atau tidak.
d. Kemudian setelah diseleksi, maka kata yang sesuai di write ke legalwords.txt, dan yang tidak sesuai diwrite ke badwords.txt

Dan inilah hasil running program versi saya:
1. Input File
Input File
2. Legal Words
Input File
3. Bad Words
Input File

Pada Compile NetBeans
Input File

Dan berikut ini adalah source code program yang saya buat. Mohon koreksinya apabila ada kesalahan.
DOWNLOAD
CMIIW

2 Responses to “Pembacaan dan Penulisan File dengan Java”

  1. IdeGue! Blog Says:

    pertamax…
    nah ini dia yang saya cari…

  2. Arunaru Says:

    ini yang dibilang newbie, MANTAP bos!!! lagi butuh, izin comot beberapa logic nya 😀
    thx before

Comments