‘Tugas’ yang Belum Terselesaikan

Malam ini seharusnya ada 3 ‘tugas’ yang saya kerjakan. Akan tetapi terasa sangat malas untuk memulainya. Semua aplikasi yang saya butuhkan sudah terbuka. Tapi pikiran ini yang tidak bisa fokus. Menerawang entah kemana. Pulsa habis. Ga bisa chating, ga bisa ngeplurk, ga bisa browsing..looh..kok malah ganti topik..hehe..

Tugas yang pertama adalah membuat portal alumni untuk www.elins.org. Portal alumni ini sudah sekian lama terlupakan karena berbagai macam kesibukan saya. Dan baru-baru ini teringat ketika ada seorang alumni yang terus ‘mendesak’ saya baik via forum maupun japri. Baiklah, saya akan segera mengerjakannya. Tadi sore saya sudah mencari ‘bahan’ untuk mengerjakannya. Semoga segera terselesaikan.

Tugas yang kedua adalah GUI Corner. Corner adalah kelompok studi yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa ELINS UGM. Corner sekarang sedang melakukan riset mengenai mobile robot surveillance(bener ga ya tulisannya). Dan saya kebagian tugas membuat GUI untuk komputer client. GUI ini bertugas untuk mengambil image dari sebuah URL secara terus-menerus (streaming). Selain itu terdapat kontrol untuk mengendalikan robot corner kiri-kanan-maju-mundur berbasis Socket. Sehingga hasil akhir yang diharapkan adalah sebuah program stand alone yang akan bisa menampilkan video streaming mengenai keadaan di depan robot via webcam, serta mengendalikan robot tersebut. Saya mengerjakan GUI ini berbasis bahasa pemrograman Java.

Tugas yang ketiga adalah aplikasi multimedia sederhana untuk keperluan tertentu. Kemarin malam, gara-gara kehujanan dan akhirnya saya kedinginan, saya malah ketiduran. Padahal laptop sudah menyala dan net beans sudah dirun. Aplikasi ini berupa sebuah game yang sederhana yang menampilkan beberapa foto manusia dengan berbagai ekspresi dari berbagai kategori, misalnya senang, sedih, dan lain sebagainya. Dari beberapa foto tersebut, beberapa foto dari kategori yang sama dan ada satu foto dari kategori yang berbeda. User kemudian disuruh memilih yang berbeda. Dan ketika jawaban benar atau salah, maka akan memainkan video tertentu. Sederhana kan?

Tiga tugas dengan 2 bahasa yang berbeda. 2 Tugas dengan bahasa Java, 1 tugas dengan bahasa PHP. Wah otak saya malah bingung memikirkan syntax. Taskbar saya selalu ada 5 buah aplikasi yang berjalan. Winamp untuk penghibur, NetBeans untuk Java, Window Explorer untuk browsing file, Notepad++ untuk PHP, Manual PHP(Documentation), dan Manual Java(Documentation). Kebetulan saya memakai sistem operasi windows karena belum berhasil install Java Media Framework di Linux. Sudah hampir frustasi ga bisa install. Ada yang bisa memberi tutorial?

Wah…kok belum ada semangat yah? Tapi entah kenapa saya menulis ini dengan semangat. hehe.. Dan tiba-tiba bayang-bayang tugas akhir (TA) kembali menghantui. Saya sudah semester 7, tapi malah belum bisa apa-apa. Dan masih kebingungan menentukan apa tema TA yang akan saya kerjakan. Hah.. Apa ya??!! Ada ide?

9 thoughts on “‘Tugas’ yang Belum Terselesaikan

  1. dzale

    Hoho, bahasa apa lagi itu?
    Kalo untuk urusan TA, saia mempunyai pendapat pribadi. Menurut saia, tidak usahlah membikin TA dengan ide muluk-muluk dan sulit untuk diwujudkan. Cari aja ide sederhana namun tepat guna dengan kondisi lingkungan sekitar. Toh juga nilainya yang keluar sama-sama A (Amiiin……..) heheh

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.