Beli Handphone (HP) : Gengsi atau Fungsi?

By deptz, Wed. November 19, 2008
Categories: handphone
Tags: , , , , , , , ,
1,981 views

Handphone (HP) memang sudah menjadi hal primer di kehidupan masyarakat Indonesia. Setiap lapisan masyarakat hampir pasti mempunyai alat komunikasi ini. Dan memang handphone memberikan manfaat yang sangat besar kepada kehidupan. Baik dari segi ekonomi, pendidikan, dan hal lainnya. Akan tetapi, apakah handphone yang anda miliki sudah optimal digunakan? Apakah fitur yang melekat di Handphone tersebut dapat berfungsi semua di tangan anda?

Seringkali saya bertemu seseorang yang HPnya ‘wah’, mahal, dan banyak fiturnya, tetapi tidak termanfaatkan dengan baik. Misalnya mempunyai sistem operasi Symbian, akan tetapi pemiliknya tidak tahu apa itu sistem operasi. Apalagi software-software dari pihak ketiga yang akan semakin menambah fungsi dari HP tersebut. Atau fungsi 3G/Wifi yang tidak termanfaatkan. Mungkin juga tidak tahu ada bluetooth, bahkan mungkin tidak tahu bluetooth itu apa. Seringkali seseorang membeli HP hanya demi gengsi dan bukan demi fungsi yang akan didapatkan. Ketika memakai HP yang mahal maka sudah bangga, walaupun tidak dapat menggunakannya secara optimal.

Ketika lebaran kemarin, saya baru sadar ternyata teman-teman saya di desa, HPnya bagus-bagus, walapun saya ragu manfaatnya untuk mereka. hehe.. Saudara-saudara saya yang orang kota jakarta pun juga HPnya kurang termanfaatkan dengan baik. Hanya fitur-fitur standar saja yang termanfaatkan. Bahkan saudara saya sengaja meminta bantuan saya untuk install software-software di HP. Jadi deh memegang HP Nokia N73, Nokia N76, dan O2 Atom Black. Ahaha.. Om saya pun yang HPnya E90 juga kurang termanfaatkan dengan baik. Bulik saya yang HPnya Nokia 8800, juga kurang termanfaatkan dengan baik. Jadi ngiler sekeluarga HPnya ‘wah’ semua.

Bagaimana dengan saya? Saya mempunyai sebuah HP Nokia E61i. Nokia E61i mempunyai berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat untuk saya, sesuai dengan yang saya tulis di sini.

Ketika akan membeli sebuah handphone, apa yang perlu diperhatikan? Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi pertimbangan:

1. Konektifitas
Sekarang bentuk koneksi dari HP bermacam-macam, mulai dari WiFi, Bluetooth dan Infra Red. Sesuaikan dengan kebutuhan kita. Infrared memang murah, kalau anda hanya membutuhkan transfer file kecil, foto misalnya, mungkin infrared sudah memenuhi kebutuhan. Akan tetapi perlu diingat, HP dengan InfraRed semakin sedikit jumlahnya. Karena Infra Red sepertinya sudah hampir punah, lebih baik mencari konektifitas bluetooth saja. Dengan bluetooth transfer file, ataupun koneksi HP-Komputer dapat berjalan dengan sangat lancar. WiFi dibutuhkan ketika anda mempunyai kebutuhan ngenet dan tersedia jaringan WiFi di sekitar anda. 3G juga menjadi fitur yang umum untuk HP midle end ke atas. Dengan 3G video call, akses internet cepat, streaming video, dan lain-lain menjadi semakin mudah. Hanya saja sayangnya jaringan dan fasilitas 3G belum merata di seluruh Indonesia. Hanya beberapa kota saja yang sudah tersedia. GPRS/EDGE merupakan generasi sebelum 3G. Dengan GPRS/EDGE sudah cukup untuk melakukan koneksi internet dengan kecepatan sedang. Jadi silakan pilih sesuai dengan yang anda butuhkan.

2. Memori Eksternal
Sekarang berbagai jenis kartu memori tersedia, mulai RSDV, microSD, miniSD, TransFlash dan lain sebagainya. HP dengan memori ekternal biasanya harganya terpaut jauh dengan HP yang tidak mempunyai memori ekternal. Kalau anda tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, mungkin HP dengan memori internal yang agak besar bisa menjadi pilihan. Akan tetapi kalau anda tipe orang yang membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, maka lebih baik cari yang ada memori ekternalnya. Memori eksternal dibutuhkan ketika akan menyimpan file-file lagu atau soundclip, maupun dokumen-dokumen dalam ukuran besar.

3. Kamera
Sepertinya sekarang semua HP baru mempunyai fitur kamera. Saya secara pribadi sebenarnya kurang membutuhkan fitur kamera. Kamera HP sekarang sudah ada yang bermega-mega pixel, walaupun hasilnya masih lebih jelek dibanding kamera digital. Jadi kalau anda bukan tipe orang yang ‘narsis’ dan atau butuh kamera terus-menerus, mungkin lebih baik memilih tipe HP yang non kamera.

4. Warna
Hari gini masih monokrom? hehe.. Layar monokrom mungkin bisa menjadi pilihan ketika anda hanya membutuhkan telpon dan sms saja. Akan tetapi kalau untuk multimedia sepertinya memang harus menggunakan yang tipe HP berwarna. Jumlah warna pun bermacam-macam. Yang umum adalah 4096, 64 ribu, 262 ribu, dan 16 Juta warna. Semakin banyak warnanya, maka semakin jelas gambar yang dihasilkan. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

5. Multimedia
HP telah berubah menjadi teman yang setia. Sehingga fitur radio, mp3 player, video player mungkin menjadi fitur yang dibutuhkan sebagian kalangan. HP khusus pun telah diciptakan, misalnya Sony Ericsson mengelurkan seri W, atau Nokia mengeluarkan seri N dan express music. Akan tetapi untuk sebagian kalangan yang lain, fitur-fitur ini kurang begitu diperlukan.

Jadi beli HP lebih baik yang memenuhi secara fungsi baru gengsi. Walaupun kita mampu secara materi untuk membeli HP mahal, akan tetapi belum butuh fitur-fiturnya, lebih baik membeli HP yang biasa-biasa saja, akan tetapi dapat termanfaatkan secara optimal dan sesuai dengan kebutuhan kita.

8 Responses to “Beli Handphone (HP) : Gengsi atau Fungsi?”

  1. yazid Says:

    siip

    betul sekali masdab…ngapain beli yg ‘wah’ klo ga bisa makenya 😀

    btw,,aplikasi remote laptop yg dulu tu apa masdab? klo ga salah puppet master ya? aq minta lagi yow..t4ku ilang. Atau ada yg lebih canggih lagi?? ;;)

  2. d3ptzz Says:

    ada dab…nanti saya coba uploadkan..
    koneksinya sedang eror ini…

  3. lupekz Says:

    ini,,

    yang penting disesuaikan budget aja,,, nek kuat nya beli yang cuma bisa sms ,, yawis,, gag usah dibeli aja,, lha buad apa? cuma sms doang,, terima telpon ga bisa ?? apa kata saya??** ahahahah

    nb : ** > plesetan dari “apa kata dunia?”

  4. Capoenk Says:

    Bener..
    Saya salah satunya yg blm bisa memfungsikan hp dg maksimum. Saia punya se g502, dah 3g+hsdpa tp blm brfungsi dg maksimal. Dah setting 3g via operator msi g bisa, katanya indosat br bisa buat yg matrix. Yah.. Sedih deh.. Ada yg bs bantu?
    Tp dg hape ini, saia jadi bisa ngenet+lebih sering posting diblog.. Hehe..

  5. tata Says:

    Slot Micro SD tu termasuk memori eksternal tdk?
    apa bedanya MicroSDCard Slot dg Slot Micro SD?
    berapa harga normal memori eksternal hp?
    apa fungsi memori eksternal hp?
    thnx.

  6. d3ptzz Says:

    @tata: yoi.. sama aja.. harganya sekitar 80an ribu 1Gb kalau tidak salah.. fungsi memori eksternal ya untuk menambah memori internal HP..:D bisa untuk nyimpen lagu, video. file. dsb..:)

  7. Membeli Gengsi - ..::d3ptzz personal blog::… Says:

    […] fitur-fitur yang sebenarnya sudah tertanam dalam barang tersebut. Saya pernah menulis hal ini di sini yang spesifik membahas mengenai […]

  8. Welcome Nokia Asha 210 - deptz personal blog Says:

    […] Saya bukan penggemar touch screen. Saya sangat menyukai keypad qwerty yang menurut saya jauh lebih nyaman dipakai. Dan sampai saat ini saya masih berprinsip, handphone harus termanfaatkan secara penuh. Bukan demi gengsi, tapi demi fungsi. […]

Comments