Sphinx Search: Search Error

Sphinx adalah sebuah open source engine pencarian full text. Dan beberapa waktu yang lalu saya mencoba menginstallnya di Ubuntu 12.04. Proses installasi berjalan dengan mudah. Tinggal sudo apt-get install sphinxsearch.

Konfigurasi pun mudah dilakukan hanya dengan mengcopy contoh konfigurasi dari source sphinx. Tinggal diganti dengan parameter yang sesuai. Terutama untuk setting host, user dan password pada setting database.

Setelah konfigurasi dilakukan, dapat langsung dilakukan proses indexing dengan menjalankan perintah: indexer –all. Setelah itu bisa melakukan pengujian dengan melakukan pencarian : search “sebuah keyword”.

Namun saya pada proses ini mengalami error. Dan tidak ada pesan khusus yang bisa digunakan untuk debugging. Pesan errornya sebagai berikut:

using config file ‘/etc/sphinxsearch/sphinx.conf’…
index ‘test1’: search error: .

Pada awalnya saya mengira ini adalah error karena kesalahan konfigurasi. Namun setelah saya mencoba langsung menggunakan API dengan kode script contoh dari source sphinx, saya dapat melakukan pencarian dengan normal. Jadi saya berkesimpulan, kemungkinan besar ada bug pada program “search” dan dapat diabaikan selama pencarian dengan menggunakan API dapat berjalan dengan baik.

3 thoughts on “Sphinx Search: Search Error

  1. Fajr

    ini search engine di lokal komputer yo mas? kalo make API, harus pake software sendiri yang ditambahin API itu baru bisa ngesearch dong ya? 😀

    Reply
  2. d3ptzz Post author

    @fajr: yap.. ini lokal.. situs semacam scribd, indowebster juga pake search engine ini… kalau mau pake API ya harus install softwarenya..jalanin daemonnya.. baru pake APInya.. 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.