Sharing Internet ‘Tri’ Membuat Koneksi Terputus (Time Out)

By deptz, Mon. December 9, 2013
Categories: internet related, mac
Tags: , ,
453 views

Hari ini seperti biasa saya menggunakan modem dengan kartu Tri untuk mengakses internet. Saya memang kadang kala membagi koneksi internet dari modem untuk digunakan di perangkat lain, misalnya tablet ataupun handphone.

Tapi hari ini begitu saya menyalakan fitur Internet Sharing di System Preference, maka saat itu juga koneksi menjadi timeout dan tidak bisa digunakan sama sekali. Saya harus menonaktifkan fitur internet sharing, melakukan diskonek koneksi, kemudian reconnect kembali.

Screenshot saat Internet sharing belum dinyalakan. Klik gambar untuk memperbesar.

Koneksi Internet Tri Ketika Internet Sharing Off

Koneksi Internet Tri Ketika Internet Sharing Off

Screenshot saat Internet sharing dinyalakan.

Koneksi Internet Tri Ketika Internet Sharing On

Koneksi Internet Tri Ketika Internet Sharing On

Bisa dilihat, koneksi langsung timeout dan tidak bisa digunakan. Saya masih bertanya-tanya apakah ini memang kebijakan baru dari Tri Indonesia atau error khusus yang terjadi pada saya. Dan kalau misalnya benar kebijakan baru dari Tri, saya bertanya-tanya bagamana Tri mendeteksi kalau koneksi internet di-sharingkan?

Saya berinisiatif mention akun twitter @triindonesia, namun tidak mendapat jawaban. Saya masih mencoba menghubungi via email. Kalau ada jawaban nanti saya update di sini.

UPDATE: Sepertinya ini permasalahan di OS yang saya gunakan yaitu OS X 10.9 Maverick. Ada yang pernah mengalami masalah yang sama di OS X Mountain Lion, seperti yang ditulis di sini

UPDATE 2: Berdasarkan petunjuk dari linggar, maka bisa dilakukan dengan mengubah default gatewaynya. Berarti memang ini masalah di OS X, bukan pada koneksi Tri.

 

 

6 Responses to “Sharing Internet ‘Tri’ Membuat Koneksi Terputus (Time Out)”

  1. linggar Says:

    beberapa orang juga mengalami hal itu kak di macnya, ketoke bukan karna trinya, ada salah routing apa yak

  2. d3ptzz Says:

    @linggar trus piye solusinya kak? aku radong routing2.. :((

  3. linggar Says:

    ini ada kasus setelah internet sharing dihidupkan, gateway berubah ke link#1, yang mana seharusnya gateway tetap menunjuk ke ip lokal gateway dari ISP yang digunakan..

    sebum sharing digunakan, coba dilihat dulu ip gatewaynya berapa (misal 10.64.64.64), setelah sharing dihidupkan dan koneksi menjadi putus, coba hapus gateway default dan arahkan gateway ke ip tersebut secara manual..

    $ sudo route delete default
    $ sudo route add default 10.64.64.64

  4. deptz Says:

    @linggar: maturnuwun bro!! bisa!!!

  5. Pencerah Says:

    di tempat saia, tree agak lemot

  6. Cara Sharing Koneksi Internet di Mac OS X 10.9 Maverick - deptz personal blog Says:

    […] sebelumnya saya mempostingkan kesulitan saya dalam sharing koneksi internet di Mac OS X, sekarang saya ingin mempostingkan solusi dari masalah tersebut. Sebenarnya sudah […]

Comments