Upgrade RAM dan Harddisk Laptop

By deptz, Wed. August 12, 2015
Categories: mac
Tags: , ,
282 views

Tak terasa laptop yang sehari-hari saya gunakan sudah sekitar 5 tahun menemani. Dari awal cerita saya memutuskan membeli laptop ini, sampai berbagai cerita lain baik suka maupun duka. #halah.

Secara umum, tidak ada masalah dan masih bisa digunakan dengan baik-baik saja sampai sekarang ini. Namun tuntutan perkembangan OS dan kebutuhan software membuat laptop terasa berjalan lebih lambat.

Komponen Hardware laptop saya yang bisa diupgrade hanyalah RAM dan Harddisk. Jadilah saya mengupgrade dua komponen tersebut. Untuk RAM, saya sebenarnya sudah mengupgrade sekitar 1 tahun yang lalu. Sedangkan untuk harddisk saya baru mengupgrade beberapa hari yang lalu.

RAM yang saya pilih adalah Corsair 8GB Dual Channel kit, sedangkan untuk Harddisk saya memilih Corsair SSD Force LS 240GB.

RAM Laptop Setelah diupgrade

RAM Laptop Setelah diupgrade

Dalam proses upgrade harddisk, saya terpaksa merelakan DVD romnya untuk dicopot karena saya ingin mempertahankan harddisk yang lama. Harddisk yang lama saya pasang di slot DVD Room. Saya menggunakan HDD adapter yang saya beli di AliExpress. Murah, hanya sekitar Rp. 60.000, tapi sampai ke rumah sekitar 3 bulan. 😀

Harddisk setelah ditambah

Harddisk setelah ditambah

Setelah proses upgrade, saya pun menginstall dari awal OS X Yosemite. Dan sejauh ini berjalan dengan normal dan terasa peningkatan kinerja yang sangat signifikan.

Tetapi kemungkinan dalam jangka dekat ini sudah harus berpikir untuk ganti batterai. Walaupun masih bisa bertahan sekitar 2-3 jam untuk penggunaan biasa, saat ini tinggal sekitar 60-an % dari kapasitas awalnya.

Status Baterai

Status Baterai

Setidaknya pikiran saya harus ganti laptop dalam jangka dekat ini pun sirna. Dengan melihat peningkatan performanya, saya berharap laptop yang sekarang saya gunakan ini masih bisa bertahan sekitar 3 tahun lagi. 😀

Comments