Akhirnya Punya e-KTP

Salah satu program pemerintah dalam membenahi data kependudukan nasional Indonesia adalah dengan e-KTP. e-KTP diharapkan menjadi identitas nasional yang unik, sehingga tidak ada data dobel. Dan beberapa bulan yang lalu saya mendatangi kecamatan untuk didata, dan beberapa waktu yang lalu, akhirnya jadilah e-KTP saya.

Yang menjadi pertanyaan saya, kenapa e-KTP ada masa berlakunya? Menurut hemat saya seharusnya e-KTP tidak usah ada masa berlakunya. e-KTP diganti kalau ada penggantian data saja. Lebih irit dan simpel.

Pertanyaan selanjutnya adalah penyimpananan database e-KTP. Katanya sih dilindungi oleh Lembaga Sandi Negara(LSN). Semoga database kependudukan ini tidak disalahgunakan. Kira-kira NSA sudah punya akses ke database e-KTP belum ya? 😀

Impian saya dengan adanya e-KTP ini, tidak perlu lagi ada pendataan pemilih kalau menjelang pemilu. Tinggal ambil data dari database. Kalau bisa sekaligus menjadi kartu-kartu lain yang melekat pada kita. Jadi kemana-mana hanya membawa satu kartu saja. Lebih simpel. Bisa terwujud tidak ya?

 

2 thoughts on “Akhirnya Punya e-KTP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.