Update Cepat dengan Google Reader

By deptz, Sat. February 14, 2009
Categories: internet related, tutorial
Tags: , , , , ,
1,972 views

google readerSering melakukan blogwalking ke Blogroll atau Blog teman-teman? Atau mengikuti berita dari portal-portal news? Mungkin sebagian besar dari kita melakukannya dengan membuka websitenya, kemudian membaca isinya. Ya kalau ada yang baru, kalau tidak? Maka seakan-akan semua sia-sia. halah..hehe..apalagi kalau pake HP, bisa jadi fakir mendadak..hehe..Padahal kita tidak harus melakukannya. Karena sekarang banyak sekali program pembaca RSS/Atom.

Kali ini saya akan membahas Google Reader. Google Reader adalah layanan dari google yang memungkinkan kita subscript ke RSS Feed/Atom website-website yang ada. Dengan Google Reader kita bisa memonitor perkembangan Blog/Portal Berita tanpa harus mengunjungi websitenya. Cukup dengan membuka satu halaman saja, maka kita bisa tahu apakah website-website itu ada posting baru atau tidak. Bagaikan kita mengunjungi website-website tersebut satu-persatu. Simple dan menyenangkan.

Segera menuju Google Reader Home. Kita bisa sign in dengan id Gmail. Kemudian lakukan add subscription
add
Isi dengan URL Feed, misalnya:  feed://http//d3ptzz.kandangbuaya.com/feed/.

Setelah itu, setiap ada posting baru di blog saya, maka akan ada notifikasi di google readernya, tanpa anda harus mengunjungi website saya terlebih dahulu. Bahkan bisa membaca ringkasannya dulu. Seperti gambar dibawah ini, yang nyantol ke RSSnya Yudhi Sanjaya.

yudhi sanjaya
Mudah dan simple. Anda bahkan bisa menjadi comment poster pertamax! haha… Untuk merefresh feed, maka cukup klik “refresh” saja. Dan google akan merefreshnya. Walaupun sebenarnya Google Reader melakukan auto refresh sendiri.

5 Responses to “Update Cepat dengan Google Reader”

  1. bayu Says:

    Pertamax !! ha ha….

    Kalo aku pake NetNewsWire, gratis dan wuih…, enak banget. Inget yahoo messenger, kalo ada yang online, langsung ada notifications yang nongol di pojok kanan bawah.

    Nah, kalo NetNewsWire ini, kalo ada blog yang postingannya baru, akan muncul juga notifications semacam YM itu. Kan asyik. Dan kita ngga’ perlu maen refresh-refreshan segala… he he… tapi cuma di mac!

  2. d3ptzz Says:

    @bayu: wah…jadi penasaran.ga da versi windows atau linuxnya mas?..*belum punya mac..huhu*

  3. inpisibel Says:

    menuju TKP gan…. 😀

  4. omSanjaya Says:

    horai namaku disebut…whakawhkahwka…
    thanxkyu brota…
    whahahaha

  5. d3ptzz Says:

    @inpisible: sip..silakan dicoba..
    @Sanjaya: haha…u’re welcome brotha…

Comments