Tugas Akhir, Kapan Berakhir?

By deptz, Sat. January 23, 2010
Categories: dari hati ke hati
Tags: ,
963 views

Sudah sekitar satu bulan ini saya mulai serius mengerjakan tugas akhir. Hari demi hari, perlahan saya mulai mencoba menyelesaikannya. Masalah demi masalah mulai terselesaikan. Dan saya bisa sedikit tersenyum lega dan optimistis. Sampai sedikit masalah datang kemarin.

Satu file class saya hilang isinya. Kemungkinan karena eror pada Netbeans. IDE yang saya pakai. Backup? Saya waktu itu baru saja meng-overwrite backup terakhir dengan file yang eror itu. Saya belum menyadari kalau file itu eror dan blank. Saya baru menyadari ketika file itu mau saya edit.

Ah kan hanya satu file? Yap, memang hanya satu file, tapi berapa baris? Dan ini adalah kejadian kedua. Dimana akhirnya dulu saya mengulang dari awal. Down? Pasti. Saat ini adalah saat-saat akhir mengejar target agar bisa segera pendadaran. Ini sudah memasuki pertengahan desember. Melihat teman-teman dekat yang sudah menyelesaikan tugas akhir mereka, membuat saya merasa semakin ‘tertekan‘.

Dan apakah saya menyerah? Tentu tidak! Saya memang sempat down. Dan seharian kemarin saya tidak mengerjakan sama sekali. Malah mencoba membenarkan laptop tetangga saya yang eror. Dan beli domain, www.codelov.in. 🙂

Sekarang saya memulai kembali. Dan tentunya mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Tak seharusnya saya menjadi down hanya gara-gara masalah sekecil itu. Semoga saya masih bisa mengejar target. Ini memang demi sebuah status. Tapi saya harap dari saya mengejar status itu, saya mendapatkan ilmu-ilmu dan pengalaman-pengalaman baru.

Mari kawan, kita selesaikan tugas ini. Dan tugas ini akan segera berakhir!!


Tulisan ini saya buat pada tanggal 8 Desember 2009.

3 Responses to “Tugas Akhir, Kapan Berakhir?”

  1. ganda Says:

    pentingnya subversion/backup dalam pengembangan aplikasi skala besar. 🙂 Kalau program helloworld, gak di backup pun gak papa lah. :))

  2. d3ptzz Says:

    @ganda: haha… betul juga.. penyesalan datang terlambat bro..:D

  3. ganda Says:

    @d3ptzz, penyesalan memang selalu terlambat datangnya bro. hahahaha

Comments