Sphinx Search: Search Error

By deptz, Wed. June 13, 2012
Categories: Uncategorized
Tags: ,
307 views

Sphinx adalah sebuah open source engine pencarian full text. Dan beberapa waktu yang lalu saya mencoba menginstallnya di Ubuntu 12.04. Proses installasi berjalan dengan mudah. Tinggal sudo apt-get install sphinxsearch.

Konfigurasi pun mudah dilakukan hanya dengan mengcopy contoh konfigurasi dari source sphinx. Tinggal diganti dengan parameter yang sesuai. Terutama untuk setting host, user dan password pada setting database.

Setelah konfigurasi dilakukan, dapat langsung dilakukan proses indexing dengan menjalankan perintah: indexer –all. Setelah itu bisa melakukan pengujian dengan melakukan pencarian : search “sebuah keyword”.

Namun saya pada proses ini mengalami error. Dan tidak ada pesan khusus yang bisa digunakan untuk debugging. Pesan errornya sebagai berikut:

using config file ‘/etc/sphinxsearch/sphinx.conf’…
index ‘test1’: search error: .

Pada awalnya saya mengira ini adalah error karena kesalahan konfigurasi. Namun setelah saya mencoba langsung menggunakan API dengan kode script contoh dari source sphinx, saya dapat melakukan pencarian dengan normal. Jadi saya berkesimpulan, kemungkinan besar ada bug pada program “search” dan dapat diabaikan selama pencarian dengan menggunakan API dapat berjalan dengan baik.

3 Responses to “Sphinx Search: Search Error”

  1. topx Says:

    kirain search engine baru mas :p

  2. Fajr Says:

    ini search engine di lokal komputer yo mas? kalo make API, harus pake software sendiri yang ditambahin API itu baru bisa ngesearch dong ya? 😀

  3. d3ptzz Says:

    @fajr: yap.. ini lokal.. situs semacam scribd, indowebster juga pake search engine ini… kalau mau pake API ya harus install softwarenya..jalanin daemonnya.. baru pake APInya.. 😀

Comments