Cara Mengeluarkan CD / DVD yang Tertelan di Macbook

By deptz, Thu. October 10, 2013
Categories: mac, tutorial
Tags: , , ,
5,706 views

Macbook mempunyai CD/DVD room yang unik. Tidak seperti kebanyakan laptop yang harus memencet tombol untuk mengeluarkan tempat CD/DVD, pengoperasian di macbook tinggal memasukkan CD/DVD ke semacam lubang yang tersedia. Seperti memasukkan kartu ATM ke mesin ATM. Memang memudahkan dan lebih praktis, namun ketika CD/DVD tertahan (stuck) di dalam, maka perlu usaha yang lebih untuk mengeluarkannya.

DVD Room Macbook Pro

DVD Room Macbook Pro

Jika dari finder maupun dengan memencet tombol eject tidak bisa, maka cara lain untuk mengeluarkan CD/DVD yang tertelan di macbook pun bermacam-macam. Dan perlu dicoba satu persatu sampai mana yang cocok dan akhirnya CD/DVD tersebut dapat ‘dimuntahkan’.

Cara yang pertama adalah menggunakan Disk Utility. Disk utility adalah software bawaan dari Mac OS X yang tersedia di Application/Utilities. Atau cari saja di spotlight search.

Eject Disk via Disk Utility

Eject Disk via Disk Utility

Cara yang kedua menggunakan iTunes. Klik pada Control -> Eject Disk. Kalau beruntung, maka CD/DVD akan keluar.

Eject disk via iTunes

Eject disk via iTunes

Cara yang ketiga menggunakan commandline Terminal. Terminal juga software bawaan dari Mac OS X. Masukkan perintah-perintah berikut ini, dicoba satu per satu.

  • drutil tray eject
  • diskutil eject /Volumes/PATH TO CD DVD
  • hdiutil detach -force /Volumes/PATH TO CD DVD

Untuk mengetahui path to CD atau DVD, ketikkan “df” di terminal dan press enter.

Path to Volumes

Path to Volumes

Cara yang keempat digunakaan saat booting. Pada saat booting, press tombol option, hingga muncul pilihan booting ke Mac OS X atau recovery. Pada saat muncul pilihan ini, segera pencet tombol eject.

CD yang tertelan di Macbook

CD yang tertelan di Macbook

Dan pada kejadian yang saya alami, cara yang keempatlah yang berhasil ‘memuntahkan’ CD tersebut. Ada yang juga pernah mengalami CD stuck di macbook? Cara manakah yang akhirnya berhasil?

One Response to “Cara Mengeluarkan CD / DVD yang Tertelan di Macbook”

  1. Sri Pauray Fahmi Says:

    Tq gan,akhirnya CD di stuck mac sy kluaf juga hehehe dng cara yg ke dua…

Comments