Google Analytics

Google Analytics

Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu tools online persembahan dari google untuk men-track trafik yang masuk maupun keluar dari sebuah website. Dengan google analytics, kita bisa mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke website kita, jumlah pageview, jumlah unique visitor, keyword search engine, dan lain sebagainya.

Saya sudah menggunakan google analytics lumayan lama. Dan tools ini membantu saya mengetahui visitor, page views, keyword search, dan lain sebagainya. Tools ini sangat berguna.


Cara mendaftarkannya pun lumayan mudah. Yang pertama tentu saja masuk ke http://google.com/analytics. Kemudian sign in dengan id gmail anda. Setelah itu klik signup.

Sign Up

Sign Up

Setelah itu, akan muncul form mengenai website yang akan didaftarkan. Isi kemudian klik continue.

Form

Form

Setelah itu akan muncul form contact info dan license agreement. . Continue saja,,

Contact Info

Contact Info

Langkah yang terakhir adalah memasukkan code tracker ke website yang anda daftarkan.

2009-04-06_152556

Caranya, bisa menggunakan plugin atau secara manual, dimasukkan ke footer dari template yang digunakan. Kalau saya secara manual. :-). Setelah itu, tunggu 1 hari. dan kemudian login ke google analytics. dan anda akan melihat hasil tracking website anda.

Google Analytics

Google Analytics

12 thoughts on “Google Analytics

    1. d3ptzz Post author

      @AF Mode: pasti nanti juga jadi banyak mas dab. dari yang sedikit itu kita bisa tahu, user yang mengakses itu mencari apa. Kita perbanyak yang dicari itu. nanti jadi banyak deh..hehe

      Reply
  1. Sanjaya

    wohoho…nice inpo gan..
    mbok sekalian terangin tentang webtoolsnya google gan..
    katanya bisa membantu kedatangan traffic lebih banyak..

    Reply
  2. uwiuw

    wah sy suka banget nih apa tracking ini. informasi yg dikumpulkan Paling komplit di banding yg lain (jg paling gede butuh resource nya.sial. )

    Reply
  3. d3ptzz

    @uwiuw: Saya sekarang lebih suka woopra (www.wopra.com) kang…mirip google analytics tapi bisa realtime tracking.. Sayang dari UGM di block.. Hiks…hiks..

    Reply
  4. d3ptzz Post author

    @aditz: situsnya ga diblok, tapi kalau hasil trackingnya yang diblok. ga bisa diakses.. hmm.. apa MIPA saja yah yang gini??

    Reply
  5. Pingback: Woopra : Real-time Web Tracking and Analytics « ..::d3ptzz personal blog::…

  6. Deidra Bawer

    You should come back in about an hour and join on our open comment night that’s when all we do is comment and get to know each other. It’s lots of fun. All kinds of interesting people show up.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.