Mengatasi ‘No Battery Available’ pada Macbook Pro

Beberapa hari yang lalu, seperti biasa saya membuka laptop saya, macbook pro, yang sedang dalam posisi sleep. Karena baterai habis, saya pun mengambil charger. Charger berfungsi normal dengan lampu menyala oranye. Tetapi saat saya akan memasang konverter mini display port ke VGA tiba-tiba laptop mati sendiri. Pet!

Saya coba nyalakan kembali, dan masih bisa booting. Suara fan terdengar lumayan keras, seperti sedang ada proses yang memakan banyak resource. Padahal status di activity monitor tidak ada aplikasi yang menggunakan banyak resource.

No Battery Available

Lampu charger tidak menyala, tombol status baterai di samping kalau dipencet pun tidak menyala. Dan status baterai menjadi no battery available. Saya coba restart pun tetap sama. Lha piye to ikih?

Berbekal googling, saya nemu petunjuk  Intel-based Macs: Resetting the System Management Controller (SMC). Saya ikuti langkah-langkah yang ada di situ. Mematikan laptop dulu, charger tetap dipasang. Kemudian pencet Shift-Control-Option keyboard sebelah kiri, dan tombol Power secara bersama-sama, lepas bersama-sama. Dan nyalakan ulang.

Dan semua kembali normal!! Laptop saya pun kembali sehat seperti sedia kala.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.