Ganti Keyboard

Sudah sekian lama, setup laptop saya adalah posisi laptop selalu dalam keadaan tertutup, karena ada problem dan saya menggunakan external monitor, external keyboard, dan external trackpad.

Dalam sebulanan terakhir, keyboard yang saya gunakan, Logitech K380, sering mengalami masalah ketika akan dihubungkan dengan laptop saya. Pada saat begini, solusinya keyboard direset, dan dikonfigurasi ulang di laptop. Ini memang menyelesaikan masalah, tapi nanti akan terjadi kembali.

Logitech K380

Dan semingguan yang lalu, permasalahan keyboard menjadi semakin parah, dengan sering seakan terpencet. Dan tombol/key yang terpencet pun random.

Sudah cukup lama juga saya gunakan, sejak Agustus 2019, hampir 2,5 tahun. Akhirnya saya memutuskan untuk ganti keyboard external.

Setelah melalui beberapa kali riset dengan melihat beberapa review di youtube., saya akhirnya yakin memilih keyboard Logitech MX Keys Mini.

Logitech MX Keys Mini

Keyboard MX Keys Mini ini mungkin bisa dibilang versi upgrade dari K380. Beberapa fitur seperti bisa terhubung ke beberapa device secara mudah, kemudian desainnya juga mirip-mirip. Ada beberapa tambahan keys, antara lain, emoji, mute/unmute, screenshot, lock screen/don’t disturb, dan dictation.

Awalnya saya menaruh harapan terhadap tombol mute/unmute yang ada di keyboard MX Keys mini ini, namun ternyata hanya bisa mute/unmute microphone bawaan laptop, dan juga wired earphone. Pada saat saya coba dengan Airpod Pro, tidak bisa melakukan mute/unmute microphone, dan malah mute/unmute output.

Selain masalah mute/unmute ini, saya tidak ada komplain terhadap keyboard MX Keys mini ini. Keysnya begitu nyaman untuk dipencet, dan juga terasa solid. Nyaman untuk pemakaian harian saya.

Semoga saja awet dan tetap nyaman untuk pemakaian jangka panjang.

One thought on “Ganti Keyboard

  1. Zam

    sebagai pemilk Logitech MX Keys yang full size, bisa mengaminkan bahwa keyboard ini OK. tombolnya empuk dan senyap. untuk fitur mute-unmut di seri MX Keys ngga ada. keluhan saya di keyboard saya ini cuma dua: layout ISO dan full size yang makan tempat. maklum, keyboard gratisan jatah kantor.. 😅

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.