Headset dengan Noise Cancellation Mic, HP Poly Voyager Focus 2

Semenjak wabah COVID muncul di awal tahun 2020, kantor tempat saya bekerja memberlakukan kerja remote, namun mulai di tahun 2024 ini ada kebijakan kerja hybrid, perpaduan antara kerja remote dan juga kerja dari kantor.

Saat ini dalam satu quarter, ada jadwal untuk ngantor luring, walaupun di kantor juga selain ada diskusi dan kolaborasi luring, masih sering dibutuhkan kolaborasi secara daring. Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena suasana kantor yang begitu ramai, banyak noise yang ada di kantor membuat kolaborasi secara daring menjadi tantangan tersendiri.

Saya sudah mencoba untuk menggunakan TWS maupun wired earphone, namun tetap saja masih belum bisa mengatasi gangguan noise pada mikropon. Mikropon dari TWS yang saya gunakan, Apple Airpods pro, tidak mampu meredam noise secara baik, apalagi menggunakan earphone wired, malah lebih parah lagi dalam meredam noise pada mikropon.

Pada suatu hari Mbak Mega mengenalkan HP Poly headset pada saya. Saya baru tahu ada headset khusus untuk rapat daring dengan noise cancellation mikropon yang bisa meredam noise ketika digunakan untuk rapat daring. Dia sudah menggunakan HP Poly 4320 UC dan memberikan review positif. Dan sejak itulah saya mulai mencari headset dengan noise cancellation mikropon.

Saya sempat menemukan beberapa alternatif, tapi sepertinya memang HP Poly ini pilihan yang paling optimal baik dari sisi harga, fungsi, dan kenyamanan.

Saya akhirnya memilih untuk membeli HP Poly Voyager Focus 2. Harganya cukup lumayan, saya membeli dengan harga sekitaran 2,5juta di Tokopedia.

HP Poly Voyager Focus 2

Pengalaman pertama menggunakan headset HP Poly Voyager Focus 2 ini langsung terasa mikroponnya sangat baik dalam meredam noise yang ada di sekitar saya. Suara di sekitar saya bisa dengan sangat baik diredam, sehingga hanya suara saya saja yang bisa didengar oleh lawan bicara saya.

Headset ini juga mempunyai Active Noise Cancellation (ANC) dua tingkat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya ANC ini saya bisa meredam noise di dalam speaker, sehingga saya bisa mendengar lawan bicara saya dengan jelas.

Headset ini juga mendukung konektivitas via Bluetooth, dan wired via kabel USB. Ketika dihubungkan via kabel USB, headset juga akan otomatis melakukan charging. Dengan begitu tidak perlu khawatir ketika kehabisan baterai karena tetap bisa menggunakan headset seperti biasa.

Headset ini pun cukup nyaman digunakan, walaupun bagi saya tetap terasa agak berat. Headset Poly Voyager Focus 2 ini juga dilengkapi dengan headband dan ear cushion yang empuk.

Sejauh ini kelemahan yang saya rasakan dari headset HP Poly Voyager Focus 2 ini adalah:

  1. Untuk mencapai suara terbaik (dari sisi mikropon maupun speaker) diperlukan USB dongle yang sudah masuk dalam paket pembelian. Apabila menggunakan bluetooth tidak sebagus suaranya dibandingkan ketika menggunakan USB dongle.
  2. Terkait point nomor 1, karena saya membeli versi USB type A (karena yang versi USB Type C lebih mahal 600 ribu 😀 ), maka saya perlu membeli converter USB type A to type C.
  3. Ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama, terasa agak kurang nyaman walaupun masih bisa dimaklumi.

Dengan beberapa kelemahan di atas, namun headset ini masih sangat baik dan cukup nyaman digunakan. Saya merekomendasikan headset Poly Voyager Focus 2 ini bagi anda yang sering rapat daring di lingkungan yang berisik seperti di kantor, cafe, maupun tempat lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.