Morange V sebagai RSS Reader dan Push Email

By deptz, Mon. October 13, 2008
Categories: handphone, internet related, tutorial
Tags: , , , ,
3,567 views


Setelah Opera Mini modifikasi sudah tidak gratis GPRS lagi, saya pun mencari cara bagaimana update informasi atau berita dengan murah ketika hanya ada koneksi GPRS. Maklum untuk mahasiswa dari desa seperti saya, pulsa menjadi barang mahal..hehe.. Setelah gagal menggunakan Your Fredoom dan hanya menghabiskan pulsa saja, akhirnya saya pun mencari RSS reader.

Kenapa RSS Reader atau Feed Reader? Karena dengan RSS reader, kita tidak perlu mengakses halaman suatu website yang menghabiskan banyak data gprs, akan tetapi kita hanya mengupdate RSS-nya saja. RSS adalah sebuah file berformat xml untuk sindikasi yang biasa digunakan situs berita atau weblog. Singkatan dari RSS dapat mengarah pada 3 macam protokol yaitu:
1. Rich Site Summary (RSS 0.91)
2. RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0)
3. Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Sebuah RSS reader ‘mengumpulkan’ feed(umpan) yang disediakan oleh penyedia RSS. RSS reader akan mengecek website yang menyediakan RSS kemudian menampilkan artikel baru yang ditemukan. Sebuah feed umumnya hanya berupa judul dan ulasan singkat yang disertai link menuju artikel lengkapnya.

Dengan RSS reader, maka saya dapat mendapatkan ringkasan berita dari berbagai macam situs berita dengan cepat, murah dan mudah. Tentu saja menghemat waktu dan biaya karena saya tidak harus mengakses situs berita tersebut yang biasanya penuh dengan iklan dan ‘hal tidak penting’ bagi saya. Situs-situs berita yang menyediakan RSS antara lain detik.com, detikinet.com, inilah.com, dan lain sebagainya. Ketika saya tertarik terhadap sebuah berita, maka saya dapat mengklik link yang akan membawa saya ke artikel lengkapnya.

Misalnya saja untuk:
www.detik.com : http://rss.detik.com/index.php/detikcom
www.detikinet.com : http://detikinet.com/index.php/detik.feed

Push Email adalah layanan dimana kita dapat mendapatkan notifikasi langsung ketika ada email yang masuk ke inbox email kita seperti ketika ada SMS masuk ke Handphone kita. Layanan yang umum digunakan dan disediakan oleh operator telekomunikasi Indonesia adalah Blackberry dari Research In Motion(RIM). Akan tetapi, biaya berlangganan BlackBerry lumayan mahal untuk saya. Sekitar Rp 150.000/bulan. Dan akhirnya saya mencari software saja yang bisa untuk push email. Apalagi saya tidak terlalu membutuhkan layanan push email..hehe…

Software RSS Reader dan Push Email yang saya gunakan adalah Morange V. Saya memilih software ini karena mempunyai fitur yang lumayan lengkap. Selain RSS reader dan push email, ada fitur Chating-nya yang mendukung beberapa protokol Instan Messaging, antara lain Yahoo Messenger, Gtalk, dan MSN. Selain itu terdapat juga browser internet yang terintegrasi dalam satu bundel software. Sehingga dengan satu program saja kita dapat browsing, membaca berita(RSS), chating, serta push email. Fitur yang sangat bermanfaat untuk saya. Apalagi software ini adalah freeware. Kita hanya perlu registrasi pada saat awal kita menggunakannya. Segera download software ini.

5 Responses to “Morange V sebagai RSS Reader dan Push Email”

  1. Tuti Nonka Says:

    Waduh, aku puyeng nek moco artikel ilmiah ngene iki Dep. Maklum Mbok-Mbok, gapteke poool. Hape wae isane mung telpon karo sms. Barena dibukak Iin, lagi mudeng yen iso dinggo muter lagu, iso dinggo ngrekam video barang … hihihi …
    Ealah Mboook ….

  2. d3ptzz Says:

    Hihihi,,,

    hapenya pinjamkan ke saya saja bulik, nanti saya isi macem-macem,,hehe,,

    oh iya, ini bukan artikel ilmiah bulik, ini hanya share pengalaman saja..hehe..

  3. anggun Says:

    iya deptzzz…..artikelmu ilmiah bgt
    ;))

  4. masbhe Says:

    mas mau nanya,cara set morange gimana to
    dah tak instal tp ttp gak bisa push email,kl kirimemail sih bisa,aku pake SE w810i, tlg dibantu dong

  5. d3ptzz Says:

    @masbhe: secara otomatis, setiap ada email yang masuk akan ada notofikasinya dengan catatan morange dalam kondisi dijalankan(running). Saya sudah coba memakai account gmail dan semua berjalan dengan lancar.. 🙂

Comments