Keamanan Informasi

By deptz, Wed. March 17, 2010
Categories: computer related, internet related
Tags: ,
928 views

Yang terpikirkan dalam otak saya ketika mendengar keamanan informasi adalah sebuah enkripsi informasi yang rumit, ditambah password berlapis. Berlebihankah?:D


Privacy dalam dunia online seperti sekarang ini memang semakin menyempit. Semua informasi tentang diri maupun perusahaan, institusi, dan lain sebagainya, tersebar di dalam sebuah jaringan. Dan kendali sharing itu ada di diri kita. Sebagai sebuah contoh, adalah facebook. Di satu sisi, disana mungkin kita membuka informasi-informasi yang sebenarnya rahasia. Namun disisi lain kita juga bisa hanya memberikan hak siapa saja yang mendapatkan akses membaca informasi tersebut.

Seberapa pentingkah keamanan sebuah informasi? Tentunya tergantung dari informasi yang ingin diamankan tersebut. Misalnya menyangkut hajat hidup orang banyak tentunya harus selalu diamankan dengan sebaik-baiknya. Disinilah peran sistem keamanan yang baik mutlak diperlukan.

Disisi lain, penyedia sistem juga seharusnya yang dapat kita percaya. Karena pemilik sistem bagaimanapun juga mempunyai akses ke informasi yang disimpan. Sebagai contoh dapat kita lihat akhir-akhir ini Blackberry telah menjadi alat komunikasi yang umum digunakan oleh pejabat negara. Dan saya yakin, pembicaraan yang seharusnya rahasia itu juga ada yang dilakukan melalui jaringan Blackberry tersebut. Padahal bisa saja sebenarnya dari pihak RIM, sebagai pemilik sistem dan jaringan, membaca data yang bersliweran di jaringannya. Apakah ini hal yang mustahil? Tentu saja tidak.

Selain itu perlu juga diperhatikan keamanan sistem-sistem yang memuat informasi-informasi. Sejauh ini banyak sekali website maupun sistem informasi di Indonesia yang kurang aman. Telah banyak kejadian pembobolan informasi berawal dari kelemahan sistem. Yang booming baru-baru ini adalah kasus ATM. Dimana terjadi pencurian data nasabah yang selanjutnya digunakan untuk menarik dana milik nasabah.

Jadi apa yang bisa kita lakukan? Tentunya memperhatikan informasi yang kita kirimkan. Apabila memang rahasia, seharusnya ada prosedur enkripsi yang harus dilakukan. Selanjutnya perlu diperhatikan juga mengenai keamanan sistem. Perlu dilakukan analisa yang mendalam mengenai sistem tersebut. Kalau perlu, mengundang komunitas-komunitas teknologi informasi untuk menguji sistem.

Ada yang mau menambahkan?

9 Responses to “Keamanan Informasi”

  1. fattah Says:

    weeee….suhu apakah saya pertamaksssszz???
    setau saya banyak sekali, anggapan anda masih sangat sempit suhu…
    masih ada pembatasan hak akses, authentikasi, bla bla bla…hahaha

    nilai keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan…
    semakin aman, semakin tak nyaman…
    tp kalo koe mesti luweh ngerti bagaimana mendapatkan nilai yang paling optimum dimana keamanan dan kenyamanan itu bersanding secara serasi…

    sotoooy tenan aku…hahaha

  2. d3ptzz Says:

    Memang hal itu menjadi masalah yang sering menghambat keamanan itu sendiri. User merasa tidak nyaman. Walaupun nanti ketika sudah terbiasa, akan merasa nyaman dengan sendirinya. 🙂 Jadi menurut saya lebih baik user dibiasakan dengan hal yang membuat user itu aman. Tentunya sistem juga tidak boleh terlalu rumit. Yang penting user masih bisa mentoleransi lah.. 😀

  3. triplezzz Says:

    like this…*nyantung njaluk sangu..

    sepertinya dunia security dimasa yang akan datang sangat bergantung dengan masalh2 seperti ini.karena dunia sudah mulai mendigital..

    aniwe, lebih prefer ke keamanan yang pasif(nganggo sopwer monitoring,dll) ato aktif (coding and realtime) mas??

  4. d3ptzz Says:

    @triplezz: tentunya harus ada sinkronisasi keduanya. baik yang realtime maupun yang pasif. yang pasif itu diperlukan untuk melakukan deteksi ketika serangan itu terjadi. kalau yang realtime bisa melakukan perkiraan akan adanya serangan dengan cara analisa. bisa juga penyelesaian masalah dengan AI..hehe.. tapi ga tau sih kalau yang sekarang digunakan di dunia IT. saya belum pernah bercengkrama dengan server maupun sistem keamanan yang benar-benar perlu dijaga..:D

  5. ocha Says:

    aduh berat, berat!! mending langsung ke prakteknya aja, gan!! *tarik kemul*

  6. d3ptzz Says:

    @ocha: *tarik kemulnya ocha dan gebyuuuuuur*

  7. LinX Says:

    wah..wah..speechless deh kalo dah suhu dept yang ngomong ^_^

  8. d3ptzz Says:

    @linx: weleh-weleh.. seharusnya aku yang konsultasi sama sampeyan.. 😀 kan ahli keamanan jaringan..:D

  9. tyang Says:

    hehe..
    saya mencoba menyembunyikan informasi dalam sourch gambar.
    seperti dalam mobile5ecurity.co.cc

Comments