Editing Teks di iPad

By deptz, Fri. January 13, 2012
Categories: iPad, tutorial
Tags: , , , ,
192 views

Hampir semua smartphone sekarang mulai dari buah2an maupun robot semuanya sudah dilengkapi touchscreen. Bahkan ada yang konsisten dari versi awalnya hanya touchscreen saja. Kemudian era smartphone diramaikan oleh tablet pc yang didominasi pula oleh device touchscreen.

Dan bagaimana cara mengedit teks dengan sentuhan-sentuhan pada iPad? Saya akan membahas beberapa hal mengenai editing teks yang bisa dilakukan dengan sentuhan di iPad.

1. Mengarahkan Kursor pada Teks

Untuk mengedit teks, kita harus mengarahkan kursor ke teks yang akan diedit. Caranya, sentuh bagian teks yang akan diedit selama beberapa detik, akan muncul semacam zoom yang memudahkan kita untuk menggeser kursor dan menempatkannya pada bagian teks yang akan diedit.

Mengarahkan Kursor

Mengarahkan Kursor

klik gambar untuk memperbesar

2. Memilih Teks

Untuk memilih teks, sentuh layar dua kali, akan muncul pilihan “Select | Select All | Paste”. Pilihan Select All akan memilih semua teks, sedangkan pilihan “Select” akan memberikan kita pilihan bagian teks yang mana saja yang akan kita pilih. Tarik sesuai bagian teks yang ingin dipilih.

Memilih Teks

Memilih Teks

klik gambar untuk memperbesar

Kemudian akan muncul pilihan “Cut | Copy | Paste”. Pilih yang sesuai.

Pemilihan Teks

Pemilihan Teks

klik gambar untuk memperbesar

Untuk “Paste” teks yang telah dicut maupun dicopy, dapat dilakukan dengan cara mengarahkan kursor pada lokasi yang dikehendaki dan sentuh layar 2 kali, pilih “Paste”.

3. Undo Typing

Bagaimana kalau kita mau ‘undo’? Goyangkan kiri kanan saja iPadnya. Akan muncul pilihan “Undo typing”.

Undo Typing

Undo Typing

klik gambar untuk memperbesar, gambar dari www.my-iguru.com/

4. Mendefinisikan Kata

iPad bisa mendefinisikan kata dengan cara, pertama kita pilih satu kata. Kemudian akan muncul pilihan Define. Bila pilihan define tidak ada, sentuh tanda geser ke kanan pada pilihan yang muncul.

define

define

Setelah pilihan “Define” dipilih, akan muncul definisi kata tersebut.

Define

Define

klik gambar untuk memperbesar

Comments