Print Screen di Mac ?

Sebuah mac tidak mempunyai tombol print screen seperti pada PC. Lalu bagaimana cara print screen di Mac? Ada dua alternatif yang saya tau saat ini. Yang pertama adalah menggunakan software Grab bawaan dari Mac OS X, atau menggunakan kombinasi tombol(key) pada keyboard.

Penggunaan software Grab, seperti software screen capture lainnya. Nothing special. Dan terkesan agak ribet dan repot karena harus membuka softwarenya.

Saya lebih suka menggunakan kombinasi key. Kombinasi key adalah sebagai berikut:

1. Print Screen semua layar full

Tekan tombol command(รขล’หœ)+ shift + 3, kemudian lepaskan berbarengan. Akan ada satu file jpg di dalam desktop. Itulah hasil print screennya. ๐Ÿ™‚

2. Print Screen sebagian dari layar

Tekan tombol command(รขล’หœ) + shift + 4, kemudian akan muncul logo( +), dan bisa mulai drag bagian mana yang akan di capture. File hasil capture akan muncul di desktop.

3. Print Screen salah satu window di layar

Tekan tombol command(รขล’หœ) + shift + 4, kemudian tekan spasi, akan muncul icon kamera. Pilih window yang akan di capture. File hasil capture akan muncul di desktop.

Mudah dan simpel. Tanpa harus membuka software untuk meng-capture. Apalagi harus membuka software lain, misal Paint. ๐Ÿ˜€

sumber: dari sini

11 thoughts on “Print Screen di Mac ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.