Download Manager Gratis

By deptz, Tue. March 5, 2013
Categories: computer related, internet related
208 views

Aktifitas download atau mengunduh adalah proses menyimpan file dari server ke komputer pengguna. Download biasanya dilakukan untuk menyimpan gambar, lagu dan dan berbagai macam dokumen lainnya. Salah satu cara untuk mempercepat download adalah dengan menggunakan download manager.

Dengan download manager, proses download akan dilipatgandakan koneksinya sehingga mempercepat download. Dengan menggunakan fitur menyimpan file dari browser, hanya ada satu koneksi ke server, sedangkan dengan download manager dapat ditingkatkan menjadi banyak koneksi, sehingga proses download akan berlangsung relatif lebih cepat.

Banyak sekali download manager yang tersedia, di sini saya akan membahas beberapa yang umum digunakan.

1. Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager (IDM) sangat umum digunakan oleh pengguna yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows. Internet Download Manager IDM terbaru saat saya menulis ini adalah IDM versi 6.15. Anda dapat mendownload internet download manager ini secara gratis di sini. Sayangnya versi gratis ini adalah versi trial yang mempunyai masa berlaku. Setelah masa berlaku habis, harus membelinya.

2. DownThemAll

DownThemAll adalah sebuah addons gratis dari browser mozilla firefox. Cukup dengan menginstall addons, dapat langsung digunakan. Karena mozilla firefox dapat berjalan di berbagai sistem operasi, maka DownThemAll ini adalah download manager yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, misalnya Mac OS, Windows, atau Linux.

3. Flashget

Flashget adalah download manager gratis yang berjalan di sistem operasi windows. Saat ini versi terbaru dari download manager ini adalah flashget 3.7. Flashget dapat didownload di sini.

4. Free Download Manager

Free download manager juga download manager gratis yang berjalan di sistem operasi windows. Saat ini versi terbaru dari download manager ini adalah versi 3.92. Free Download Manager dapat didownload di sini.

 

Penggunaan download manager juga bisa didukung dengan memilih proxy untuk bisa semakin mempercepat download. Cara menggunakan proxy pada internet download manager pernah saya postingkan di sini. Secara umum, download manager lain juga mempunyai cara yang mirip untuk memasang proxy. Sedangkan daftar proxy pernah saya postingkan di sini

 

 

Comments